Rabu, 17 Juni 2009

memotivasi diri dalam bekerja untuk karyawan perusahaan

Memotivasi Diri Dalam Bekerja
oleh: Luky kurniawan(06104244049)

Tidak ada yang paling buruk dibanding bekerja di pagi hari dengan perasaan tidak memiliki motivasi, jenuh dan tidak terinspirasi untuk bekerja. Lebih buruk lagi jika kita memiliki bos yang sulit, rekan kerja yang tidak kooperatif atau pekerjaan yang sangat banyak.

Reaksi pertama mungkin terpikir ingin keluar, tetapi ini tidak selalu menjadi jawaban. Anda mungkin harus sepakat dengan banyak pekerjaan dalam kerjaaan berikutnya atau situasi yang mungkin bahkan lebih buruk. Dibanding menyerah, masih mungkin berpaling pada pekerjaan dan melihat sesuatu yang berbeda.

Untuk membantu anda merasa lebih berenergi dan termotivasi dalam bekerja, berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan:

· Kompromi dengan atasan
Kita tahu atasan tidak selalu orang yang paling mudah untuk diajak sepakat. Menuntut atasan dengan pribadi yang sulit dapat membuat pekerjaan tertekan. Jangan biarkan perbedaan kepribadian masuk dalam hubungan kerja. Kenali kenyataan bahwa atasan dan anda tidak selalu bertatapan, tetapi pengalamannya dapat menjadi kesempatan baik bagi anda untuk belajar.

Bertahan pada posisi anda sekarang setidaknya selama dua tahun. Sisihkan waktu dan usaha untuk mengenal atasan anda dan lihat segala hal dari sudut pandangnya. Ia tidak akan berada diatas dengan menjadi penurut. Biarkan perbedaan pribadi menjadi jalan untuk belajar skill baru dan memajukan karir.

· Proaktif
Dibanding menunggu atasan meminta anda sesuatu seperti laporan mingguan, ambilah inisiatif melakukan sesuatu bahkan sebelum diminta. Menjadi inisiator dan proaktif tidak hanya menunjukkan perusahaan anda tengah bekerja tetapi juga membantu anda untuk perusahaan berikutnya dimana anda akan bekerja. Anda telah dicatat memiliki bukti dan membantu ketika ada promosi atau bonus.

· Menentukan tujuan
Selalu miliki tujuan dalam pikiran. Buatlah tujuan simple dan kongkrit. Ketika anda memiliki tujuan, anda memiliki gambaran jelas mengenai langkah karir anda dan ini akan menjadi bentuk motivasi diri.

· Kembangkan hubungan
Bangun hubungan dengan klien, supervisor, rekan kerja dan patner bisnis. Dengan mengembangkan hubungan yang baik, anda tengah memperkuat hubungan dan juga membantu karir anda.

· Sabar
Seperti Roma, karir todak terbangun dalam satu hari. Pikirkan apa yang anda ingin lakukan. Jangan merendahkan pekerjaan atau posisi dengan menganggapnya tak pantas bagi anda. Ini hanya permulaan, atau batu loncatan menuju sesuatu yang lebih besar di masa depan.

· Terus belajar
Buatlah usaha untuk belajar mengenai tugas lain dengan pekerjaan anda meskipun anda sendiri tidak secara langsung terlibat. Anda akan melihat sesuatu dari perspektif lebih luas dan banyak yang bisa dipasarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar