Senin, 22 Juni 2009

TIPS MEMPEROLEH PEKERJAAN

Oleh: ANDARI

Pada dasarnya setiap orang bisa smenemukan sendiri jalan untuk memompa kemauannya. Namun, untuk memudahkan, sebaiknya Anda mencoba berbagai cara. Jika Anda disiplin, target yang Anda tetapkan bisa tercapai. Simaklah 10 langkah berikut:

1. Fokuskan Perhatian Pada Apa Yang Anda Miliki
Fokuskan perhatian Anda pada apa yang Anda punyai dan mulai memikirkan bagaimana memberdayakan apa yang Anda miliki tersebut. Sertakan dengan kalimat-kalimat yang mendorong kemauan Anda seperti, “saya bias! Saya mau! Saya yakin! Saya sanggup! Saya harus……” Pasang target yang membuat Anda betambah semangat.

2. Bangga Saat Melakukannya
Untuk menambah motivasi, bersikaplah bangga pada prestasi yang telah Anda capai. Jangan terpaku pada panjangnya jalan yang belum Anda selesaikan. Kalau perlu, hadiahi diri sendiri bila Anda berhasil melampaui satu tahapan dengan sukses.

3. Buat Target Yang Mudah
Lebih baik membuat sejumlah target kecil yang bias diraih dengan mudah ketimbang target yang berat. Karena biasanya target yang berat membuat hati ciut. Target yang kecil membutuhkan lebih sedikit kemauanh dari pada target yang besar. Keberhasilan akan membuat Anda berani mencoba lagi dan akhirnya berhasil menyelesaikan semuanya dengan sukses.

4. Bila Selama Ini Kemauan Anda Belum Teruji, Sebaiknya Jangan Memilih Target Yang Memberi Perubahan Besar Pada Anda.
Membangun kemauan sama seperti membangun otot. Karena itu Anda perlu melakukan hal-hal biasa yang tak membetuhkan banyak usaha. Seperti selalu mematikan karan bila Anda selesai mandi. Mematikan lampu bila Anda sudah terang. Jangan makan di depan televisi.

5. Jangan Mematok Target Yang Berlebihan
Jangan berharap bisa seperti Ratih Sanggarwati bila postur tubuh Anda tak memungkinkan. Turunkan target Anda agar lebih masuk akal. Tapi juga jangan terlalu rendah karena nanti Anda akan tak mempunyai semangat untuk meraihnya.

6. Pastikan Target Ini Memang Pilihan Anda
Tanyakan pada diri sendri apakah target ini memang Anda inginkan atau hasil paksaan orang lain. Akan sulit untuk maju kalau target iitu tak datang dari diri Anda sendiri.

7. Buat Rencana
Ambil waktu untuk merencanakan bagaimana Anda bisa mencapai target yang telah ditentukan. Cobalah menemukan beberapa cara untuk meraihnya. Dua pilihan lebih baik daripada satu pilihan. Tapi jangan membuat terlalu banyak rencana karena bisa membingungkan.

8. Sampaikan Pada Teman
Kita cenderung menutupi rencana kita kita dari orang lain karena khawatirorang akan mengejek bila target tidak tercapi. Sayangnya usaha melindungi diri sendiri justru membuat kemauan melemah. Dengan menyampaikan target dan rencana kita pada orang lain, efek yang Anda rasakan justru menambah kekuatan si kemauan. Bahkan, terkadang bisa membentuk kelompok yang mengalami masalah sejenis. Ini akan sangat membantu kita dalam mencapai target. Dukungan semangat dan rasa simpati akan membawa keberhasilan bagi usaha kita.

9. Jangan Memaksakan Diri
Bila di tengah proses anda merasakan bosan dan mandek, berhentilah sejenak. Beri kesempatan pada diri anda untuk beristirahat. Tetapi setalh itu jangan lupa untuk segera kembali lagi melakukan hal-hal yang diperlukan. Sekali kita bisa melakukan hal ini, otomatis anda bisa tahan lebih lama. Dan bahkan akhirnya terbebas dari kebosanan.

10. Istirahatlah
Berhenti sesaat bukanlah berarti anda lemah, malas dan tidak disiplin. Malah sebenarnya aaaanda tengah berada dalamj proses memutus kebiasaan yang buruk dan menggantinnkanya dengan yang baru. Jadi jangan terburu berputus asa. Dari pada menuduh diri sendiri malas dan payah, sebaiknya anda melihat sisi positifnya. Yaitu mencari sebab mengapa anda ingin berhenti. Atasi penyebabnya dan lanjutkan usaha anda meraih target yang telah direncanakan!
Nah dengan tips diatas, semoga aanda bukan lagi sekedar kemauan. Melainkan dapat berubah menjadi tindakan nyata yang akan membantu anda mewujudkan sukses.


``````````````````
Sumber: Mulyaningtyas, B Renita, dkk. Bimbingan dan Konseling Untuk Kelas X.2006. Jakarta: Erlangga.

s

Tidak ada komentar:

Posting Komentar