Rabu, 17 Juni 2009

tujuh tips memilih sekolah untuk siswa SMP kelas 12

Tujuh Tips Memilih Sekolah
oleh: Deka citya rosalina (06104244077)

Memilih sekolah bagi anak kita adalah perkara gampang-gampang sulit. Berikut ini kami sajikan tujuh tips dari Magdalena Sukartono, mantan Direktur LPK Budya Wacana, yang kini mengelola Lembaga Pengembangan SDM "Abisatya Paramitra."

1. Jangan menentukan pilihan hanya karena faktor gengsi atau prestise.

2. Pertimbangkan faktor "kenyamanan" bagi si anak dengan memperhatikan lingkungan (Kuliah Teknik Lingkungan) sekolah tersebut, jangan sampai membuat tertekan.

3. Pilihlah sekolah yang memiliki ideologi atau kepercayaan (Sekolah Agama/Kepercayaan)yang seazas dengan yang dianut keluarga, kecuali ia menganut faham kebebasan dalam menentukan pilihan.

4. Perlu diperhatikan fasilitas sekolah dan kualitas para pendidiknya, apakah mampu menciptakan lulusan yang berkualitas dalam hal ilmu pengetahuan dan kepribadian.

5. Pertimbangkan jarak lokasi sekolah dengan tempat tinggal sehubungan dengan sarana dan kondisi kesehatan (Sekolah Kesehatan) serta dampaknya bagi si anak.

6. Sesuaikan kemampuan/kondisi ekonomi keluarga dengan beban biaya pendidikan yang ditetapkan.

7. Beri kesempatan kepada si anak untuk ikut menentukan pilihannya dengan memberikan gambaran yang jelas tentang situasi dan nilai yang dimiliki sekolah yang akan dipilih dan harapan orangtua atas keberhasilan anak. (GCM/Familia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar