Selasa, 23 Juni 2009

PENJURUSAN DI SMA

Endah Setyoweni (06104244042)

Mengapa Ada Penjurusan di SMA?
Program penjurusan ini baru dilaksanakan pada akhir semester 2 di kelas X. Alasan adanya penjurusan di SMA antara lain sebagai berikut ini:
1. Manusia itu unik, ada kecenderungan persamaan dan perbedaan antara pribadi yang satu dengan yang lain, termasuk di dalamnya persamaan dan perbedaan dalam hal minat, bakat, dan kemampuan.
2. Setiap pribadi berhak menentukan pilihan, walaupun kadangkala alternatif pilihan yang ada terbatas jumlahnya.
3. Sudah semakin mendekatnya waktu untuk memasuki perguruan tinggi dan dunia kerja, di mana pada saat itu kita harus memiliki spesialisasi program studi tertentu atau pekerjaan tertentu.
4. Secara formal program pemilihan jurusan adalah ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui kurikulum yang berlaku.
Mengenal kurikulum?
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan tertentu.(Dikdasmen, 2004)
Beberapa pengertian sebagai konsep dasar kurikulum antara lain sebagai berikut:
1. Pendidikan berbasis kompetensi bertujuan untuk menyiapkan lulusan yang menguasai seperangkat kompetensi yang bermanfaat bagi kehidupannya.
2. Kompetensi adalah pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang direfleksikan dalam kebiasaan berpikir dan bertindak.
3. Standar kompetensi adalah pernyataan tentang kompetensi yang harus dikuasai siswa dalam mempelajari suatu mata pelajaran.
4. Kompetensi Dasar adalah kompetensi minimal yang mencakup pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor), dan sikap dan nilai (afektif) yang harus dicapai siswa pada bagian tertentu dari suatu mata pelajaran.
5. Kurikulum yang berlaku adalah seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang dibakukan cara penyampaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah/sekolah.

Apa Jurusan atau Program Studi di SMA?
Berdasarkan kurikulum yang berlaku saat ini menetapkan pembagian paralel kelas menjadi kelas X, XI, dan XII. Pada kelas X semua siswa menerima mata pelajaran yang sama. Tetapi di kelas XI dan kelas XII jurusan atau program studi diperlakukan sesuai dengan minat dan bakat siswa. Ada tiga program studi di SMA, yaitu Prodi IPS, Prodi Bahasa, dan Prodi IPA. Walaupun telah ditetapkan tiga program studi, namun setiap SMA dapat menyelenggarakan program studi sesuai dengan kondisi dan kemampuan sekolah.
Apa Persyaratan Memilih Jurusan?
Memilih jurusan di SMA sangat terkait dengan studi atau karir selepas SMA, cita-cita dan masa depan. hal yang menjadi pertimbangan dalam memilih jurusan antara lain sebagai berikut ini:
1. Minat siswa, karena suatu urusan dapat terlaksana dengan lancar dan cita-cita bisa lebih terarah apabila memiliki minat yang ada dalam diri seseorang. Misalnya bercita-cita menjadi bankir maka memilih prodi IPS, bercita-cita menjadi dokter memilih IPA, dan bila ingin menjadi seorang sastrawan baiknya memilih Prodi Bahasa.
2. prestasi belajar. Karena presatsi belajar merupakan bukti yang paling terukur untuk melihat minat seorang siswa. Biasanya setiap prodi mempersyaratkan Standar Ketuntasan Belajar Minimal(SKBM) yaitu skor minimal (atau nilai tertentu)uintuk mata pelajaran tertentu sebagai syarat memasuki program studi tersebut.
3. Hasil konsultasi dengan guru mata pelajaran ,wali kelas atau guru pembimbing akan lebih memantapkan hati untuk menetapkan pilihan jurusan. Serta
4. Hasil tes psikologi atau psikotes yang diadakan pihak sekolah biasanya akan lebih membantu memberi gambaran tentang jurusan mana yang disarankan untuk dipilih.
5. Konsultasi dengan orang tua karena memilih jurusan berkaitan dengan tindak lanjut setelah lulus SMA seperti pilihan program studi di perguruan tinggi.
6. Faktor sosial ekonomi orang tua berkaitan dengan rencana melanjutkan ke perguruan tinggi.
7. penetapan langsung dari sekolah hal ini berkaitan dengan kebijakan suatu sekolah memberikan kuota pada jurusan tertentu.
Referensi:
B. Renita Mulyaningtyas dan Yusuf Purnomo Hadiyanto, Bimbingan dan Konseling SMA untuk kelas X, hal.114-119,Erlangga 2006:Jakarta

1 komentar:

  1. Halo salam kenal, artikel yang diatas sangat menarik dan sesuai dengan yang saya cari... hehe

    Saat ini saya sedang membuat semacam software sistem pakar untuk menentukan penjurusan IPA IPS dan Bahasa. Namun memiliki kendala mengenai soal2 tes psikologi maupun test bakat yang diperlukan untuk menentukan penjurusan di SMA. Apakah saya bisa mendapatkan soal2 test tersebut?

    Sebelumnya terimakasih banyak...
    tolong hub saya di : gielangoyi@gmail.com

    BalasHapus