Kamis, 18 Juni 2009

tips istirahat siang bagi pekerja malam

TIPS ISTIRAHAT SIANG BAGI PEKERJA MALAM
oleh: i gusti agung putri yunitasari (06104244071)

Dalam dunia kerja, dikenal juga istilah kerja shift. Artinya karyawan bekerja secara bergantian. Untuk kerja shift ini ada yang kebagian kerja siang atau malam. Biasanya para pekerja manufacture, tenaga medis seperti dokter, perawat, dan apoteker di rumah sakit, kebagian kerja shift. Sedangkan kerja kantoran biasa, jam kerjanya cenderung tetap, dari jam 8 sampai jam 5.
Jika Anda kebagian shift malam, Anda harus pandai-pandai mengatur aktivitas siang hari agar kerja malam Anda bisa optimal. Karena bekerja di malam hari relatif lebih sulit. Anda dituntut untuk menahan kantuk di tengah udara malam yang dingin.
Berikut ini adalah tips beristirahat di siang hari bagi Anda yang kebagian shift malam, simak deh:
1. Siapkan jadwal tidur siang yang teratur
Jangan terlalu banyak melakukan aktivitas yang menyita tenaga di siang hari. Simpanlah tenaga dan pikiran Anda untuk kerja malam. Lebih baik Anda mengatur jadwal tidur siang setiap kali Anda shift malam. Perputaran shift yang panjang, misalnya setiap sebulan sekali, memudahkan anda untuk mendapatkan jadwal yang teratur. Tidur beberapa jam di siang hari cukup baik sebagai antisipasi agar Anda tidak mengantuk saat kerja malam.
2. Hindari kafein, rokok, alkohol dan obat tidur
Hindari minum kopi, teh, coklat, atau makanan atau minuman lain yang mengandung kafein sebelum pergantian shift. Ini menyulitkan anda tidur. Hindari juga merokok sebelum tidur. Karena nikotin dalam rokok menyebabkan mata Anda sulit terpejam. Sedangkan minum alkohol bisa mempercepat Anda tidur, namun Anda akan sering bangun untuk buang air kecil. Jangan biasakan minum obat tidur. Anda bisa mengalami ketergantungan. Tidurlah secara alami.
3. Tidurlah dalam suasana 'malam'
Agar tidur siang Anda optimal, ciptakan suasana seperti tidur di malam hari. Usahakan agar kamar tidur Anda tenang, hindari kegaduhan dan suara-suara berisik. Jika kamar Anda terlalu silau, kurangi cahaya kamar tidur Anda dengan menutup jendela dan gorden, serta jangan nyalakan lampu. Suhu udara siang hari yang cenderung gerah, ada baiknya Anda atasi dengan kipas angin atau AC. Dengan demikian tidur siang Anda mencapai kualitas maksimal. Sehingga Anda dapat beraktivitas di malam hari secara optimal pula.
4. Tidur siang sesuai kebutuhan
Meskipun Anda dituntut untuk istirahat siang sebelum beraktivitas malam, jangan kebanyakan tidur siang. Tidur siang yang kelewatan justru membuat tubuh lemas. Tidurlah secukupnya. Jangan lupa, agar tidak kebablasan tidur, pasanglah jam beker dekat tempat tidur Anda. Aturlah kapan Anda harus bangun tidur siang untuk mempersiapkan keberangkatan Anda ke kantor.
Dengan istirahat siang yang optimal, Anda akan lebih segar dan siap melakukan aktivitas di malam hari. Agar kerja malam Anda lebih oke, bekerjalah dalam suasana ‘siang'. Ciptakan suasana kerja sebagaimana siang hari. Nyalakan lampu terang-benderang. Usahakan sebelum mulai bekerja, isilah perut Anda dengan makanan secukupnya untuk mengatasi rasa lapar di malam hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar